Senin, 25 Oktober 2010

Korsel, AS Batalkan Latihan AL Jelang KTT G20

Seoul (ANTARA/Xinhua-OANA) - Korea Selatan dan Amerika Serikat memutuskan untuk membatalkan latihan angkatan laut bersama di Laut Kuning, yang semula dijadwalkan pada akhir bulan ini, kata media lokal Ahad, mengutip seorang pejabat senior pemerintah.

Kedua negara sekutu itu semula akan menggelar latihan gabungan yang melibatkan kapal induk AS, USS George Washington, pada akhir bulan ini sebagai bagian dari tanggapan mereka terhadap Korea Utara (DPRK) berkaitan tuduhan tenggalamnya sebuah kapal perang Korea Selatan pada akhir Maret, yang menewaskan 46 pelaut.

Namun demikian, seorang pejabat tinggi pemerintah mengatakan dengan syarat tak disebut namanya, bahwa latihan yang akan mengikutsertakan USS George Washington itu tampaknya tidak akan diselenggarakan tahun ini.

Kedua pihak tidak akan mengadakan latihan bersama skala besar di masa mendatang, menurut penyiar televisi milik negara KBS di Seoul.

Mengingat bahwa pelatihan anti-kapal selam telah diselenggarakan dari 27 September-1 Oktober di Laut Kuning, adalah realistis jika sulit bagi Seoul dan Washington untuk menggelar pelatihan angkatan laut besar-besaran, kata sumber tersebut.

Kedua negara sekutu membuat keputusan itu dalam rangka untuk "tidak mengganggu negara-negara tetangganya" pada saat meningkatkan kondisi keamanan bagi konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 mendatang, kata kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengutip sumber pemerintah lainnya.

Selain itu, kedua negara juga memutuskan untuk tidak melakukan pelatihan pendaratan besar-besaran, yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Laut Kuning pada akhir bulan ini, sampai setelah KTT G20 usai.

KTT G20 di Seoul akan diselenggarakan pada 11-12 November.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar