Sabtu, 23 Oktober 2010

Patroli Bersama RI-India

Belawan (SIB)
Dalam rangka melakukan patroli bersama di kawasan Selat Malaka, dua kapal perang India, Indian Navy Ships Sharabh dan Baratang lengkap dengan para personilnya bersandar di dermaga peti kemas antar pulau Pelabuhan Belawan.

Eksekutif Officer, Indian Navy Ships Sharabh, Manil Mehta yang dihubungi wartawan di dermaga peti kemas Gabion Belawan, mengatakan, kedatangan dua kapal perang India tersebut ke Indonesia untuk menggelar latihan bersama dengan pihak TNI AL di laut lepas atau kawasan Selat Malaka untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan adanya tindak kejahatan di laut seperti perompakan.
 
Lebih lanjut dikatakan, bagi India perairan Selat Malaka merupakan jalur pelayaran atau alur perdagangan internasional, sehingga perlu dilakukan patroli bersama agar kapal niaga asal mancanegara yang melintas terlepas dari aksi tindak kejahatan di laut.
 
Manil Mehta juga mengatakan, latihan bersama pihak angkatan laut India dengan TNI AL merupakan bentuk nyata keikutsertaan India dalam mengamankan peraiaran Selat Malaka yang merupakan jalur kapal-kapal niaga internasional.
 
Disebutkan pembukaan latihan bersama angkatan laut India dan TNI AL dilaksanakan Kamis (21/10) di Mako Lantamal I Belawan, sedangkan penutupan akan dilangsungkan di India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar