Kamis, 31 Maret 2011

Pemimpin Militer ASEAN Gelar Pertemuan

Panglima Angkatan Bersenjata se-ASEAN menggelar pertemuan informal atau ASEAN Chiefs of Defense Forces Informal Meeting (ACDFIN) ke-8 tahun 2011 di Istana Merdeka, Kamis (31/3).

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pertemuan tersebut digelar untuk menegaskan komitmen Indonesia tidak membentuk pakta militer di kawasan ASEAN.
"Pertemuan panglima-panglima angkatan bersenjata ASEAN pagi ini sebenarnya pertemuan informal. Kita tidak mengenal pakta militer. Ini penting dijelaskan untuk mencegah persepsi agar tidak disamakan dengan pertemuan Panglima Angkatan Bersenjata di Eropa," kata Purnomo di Istana Merdeka sebelum mengikuti pertemuan tersebut.

Ia menambahkan, militer di ASEAN tetap harus bekerja sama yang bentuknya tidak melulu perang. Tetapi bisa juga melalui penanggulangan bencana, misi perdamaian, penanggulangan teror, dan pengamanan wilayah maritim. "Kerja sama itu bisa untuk operasi milter selain perang," ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut menghadiri pertemuan informal tersebut. Sebelum memulai pertemuan, Kepala Negara terlebih dahulu mengadakan jamuan pagi yang dihadiri 50 undangan tersebut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar