Senin, 25 Oktober 2010

TOPOGRAFI AD ADAKAN SURVEI PEMETAAN IRM DI PERBATASAN

KODAM VI/MLW (22/10),- Satuan Tugas Detasemen Survei Pemetaan (Satgas Densurta) Direktorat Topografi Angkatan Darat mulai tanggal 7 Oktober 2010 melaksanakan kegiatan survei pemetaan IRM (investigation refixation and maintenance) tugu-tugu batas antar negara Indonesia-Malaysia selama kurang lebih 1,5 bulan.
 
Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan bersama dengan pihak Malaysia dalam rangka pemeliharaan tugu-tugu batas kedua Negara di wilayah perbatasan Kalimantan-Sabah/Serawak. Kegiatan ini juga melibatkan Perwira Topdam VI/Mlw sebagai Perwira LO Satgas Densurta, yakni Letda Ctp Ari Wahana.

Untuk tahun 2010 ini, dilaksanakan dua kegiatan IRM secara simultan/berbarengan oleh kedua sektor pemetaan yang dilakukan di wilayah perbatasan Kodam VI/Mlw. Untuk survei pemetaan bersama sektor timur akan melaksanakan kegiatan visual investigation atau pengecekan kondisi faktual tugu-tugu batas di segmen batas sepanjang 21,8 km di sekitar daerah Bukit Harun dan Pangung Sebiling. Sedangkan untuk sektor barat menyelesaikan kegiatan IRM di daerah sekitar Long Nawang sepanjang 10 km.

 
Sesuai dengan MoU yang dibuat, pelaksanaan survei pemetaan bersama Indonesia-Malaysia dibagi menjadi dua sektor, yakni sektor barat mencakup perbatasan Kalbar-Serawak dan sebagian perbatasan Kaltim-Serawak, serta sektor timur yang meliputi perbatasan Kaltim-Sabah. Kegiatan IRM (investigation refixation and maintenance) tugu-tugu batas antar Negara mulai dilaksanakan pada tahun 2000, sebagai kelanjutan dari kegiatan survei penegasan batas (joint border survei) sejak tahun 1970-an awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar