Kamis, 28 Oktober 2010

100 Personel TNI Dikirim ke Mentawai

Padang - Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan sudah mengirimkan 100 personel untuk membantu penanganan bencana alam di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Selain itu, sekitar 120 personel kesehatan yang dikirim Mabes TNI sedang dalam perjalanan, dan 100 personel lain sedang menunggu pemberangkatan.

Asisten Operasi Kodam I/BB Kolonel Inf Arif Rahman menyatakan, sebanyak 100 personel langsung dikirim sehari setelah bencana terjadi, dan sudah sampai di lokasi. Tim ini bertugas membantu upaya pencarian terhadap para korban yang dinyatakan hilang dan melakukan evakuasi terhadap para korban.

"Tim pertama itu, membantu melakukan pencarian terhadap para korban. Tim berikutnya akan datang membawa alat berat," kata Arif Rahman kepada wartawan di Padang, Ibukota Sumbar, Rabu (27/10/2010)

Sebanyak 100 personel yang menunggu pemberangkatan, kata Arif Rahman, akan membawa serta sejumlah peralatan untuk membantu para korban. Tim ini berasal dari Batalyon Infanteri 131 Brajasakti.

Selain itu Kodam I Bukit Barisan juga akan mengirimkan alat berat ke Mentawai dengan menumpang kapal milik TNI Angkatan Laut yang dijadwalkan tiba di Padang dalam beberapa hari ini.

"Kita terus mengupayakan penambahan personel di sana untuk mengefektifkan bantuan penanganan bencana," tukas Arif Rahman.

Berkenaan dengan bantuan dari sisi kesehatan, lanjut Arif Rahman, informasi yang diperolehnya sebanyak 120 tenaga kesehatan dari Mabes TNI AD sudah diberangkatkan. Nantinya tim kesehatan yang membawa peralatan lengkap ini akan mendirikan posko penanganan kesehatan di lokasi bencana.

Seluruh personel yang dikirimkan ini, merupakan tenaga bantuan untuk mendukung kinerja Kodim 0319 Mentawai. Secara bertahap personel tambahan tersebut akan diperbanyak. Masalah utama dalam pengiriman personel sejauh ini karena hambatan cuaca buruk di laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar