Selasa, 09 November 2010

Pasmar-1 Kirim 350 Prajurit Marinir ke Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Pasmar-1 mengirimkan 350 prajurit Marinir ke kawasan Gunung Merapi untuk bergabung dengan relawan yang membantu evakuasi korban Gunung Merapi di Klaten dan Sleman.

"Keberangkatan ratusan prajurit Marinir itu dilepas oleh Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir A Faridz Washington di Bhumi Marinir, Karangpilang, Surabaya pada Jumat (5/11)," kata staf penerangan Korps Marinir, Serda Mar Kuwadi, di Surabaya, Ahad (7/11).

Para prajurit Marinir di bawah pimpinan Komandan Batalyon Kesehatan-1 Marinir Letkol Laut (K) Andi Abdullah itu terdiri dari tenaga medis, tim evakuasi, dan tim dapur umum. "Hal itu karena selain evakuasi korban, para prajurit Marinir juga akan mendirikan Rumah Sakit Lapangan dan dapur umum," jelasnya.

Saat pelepasan, Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir A Faridz Washington berpesan agar mereka melakukan tugas bukan untuk mencari popularitas. "Tapi hanya semata-mata ingin membantu saudara-saudara yang sedang ditimpa musibah akibat letusan Gunung Merapi," katanya, mengutip sambutan Danpasmar-1.

Sementara itu, Asisten Operasi Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Hasanudin, mengatakan, pemberangkatan prajurit Marinir dibagi menjadi dua gelombang.

Untuk gelombang pertama berangkat dengan 23 kendaraan, sedangkan gelombang kedua berangkat dengan 20 kendaraan.

Letusan Gunung Merapi telah banyak memakan korban, baik korban harta benda maupun nyawa. Selain itu, ribuan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi juga banyak yang mengungsi, sehingga sumbangan logistik, bantuan tenaga, dan perlengkapan medis sangat dibutuhkan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar