Jumat, 15 Oktober 2010

Korsel Ikuti Latihan Perang dengan 3 Negara

 Korsel Ikuti Latihan Perang dengan 3 Negara

Korea Selatan memulai manuver latihan maritimnya bersama AS, Australia, dan Jepang sebagai usaha memblokade perdagangan senjata penghancur massal secara ilegal ke negara-negara seperti Korea Utara dan Iran. Aktivitas Korsel ini mungkin saja dapat memicu amarah Korut.

Manuver maritim Korsel hanya dilakukan satu hari, menandai partisipasi Korsel dalam Inisiatif Keamanan Proliferasi (PSI). Korut sebelumnya pernah memperingatkan bahwa mereka akan menganggap partisipasi Seoul dalam program tersebut sebagai deklarasi perang. Korut kerap kali mengeluarkan pernyataan serupa setiap Korsel akan melakukan latihan militer bersama AS. Namun, untuk latihan maritim kali ini, Pyongyang belum berkomentar.

Menurut Departemen Pertahanan Korsel, manuver kali ini melibatkan 10 kapal perang dan sejumlah helikopter di perairan internasional di antara Korsel dan Jepang. Kapal-kapal tersebut datang sehari setelah Seoul menjadi tuan rumah seminar PSI yang dihadiri 15 negara.

Hubungan Korsel-Korut belum lagi membaik setelah Korsel menuduh Korut menenggelamkan kapal perangnya di perairan Korea Maret lalu. Peristiwa itu kembali menghambat pembicaraan penghentian aktivitas nuklir Korut. Pembicaraan nuklir tahun lalu berakhir ketika Korut tak lagi bersedia berunding dengan Korsel, AS, China, Jepang, dan Rusia.

Korut telah beberapa kali menyiratkan siap memulai negosiasi enam negara kembali. Terakhir, kepala program nuklir China Wu Dawei, setelah menemui utusan urusan nuklir sekaligus Wakil PM Korut Kim Kye-gwan, mengemukan Korut punya pandangan positif untuk memulai kembali pembicaraan. Namun, Seoul dan Washington mengatakan Korut harus bisa menunjukkan niat baik tersebut secara spesifik sebelum negosiasi dilanjutkan.

Kunjungan Kim Kye-gwan ke China berlangsung setelah pemimpin Korut Kim Jong-il mempromosikan anak bungsunya, Kim Jong-un, untuk berbagai pos penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar