Rabu, 27 Oktober 2010

Kodam Iskandar Muda Agar Tingkatkan Kewaspadaan

Banda Aceh (ANTARA) - Prajurit TNI AD di jajaran Kodam Iskandar Muda diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan serta daya tangkal terhadap ancaman yang mengganggu kedaulatan bangsa dan negara di Provinsi Aceh.

"Jajaran Kodam Iskandar Muda harus terus menerus meningkatkan kemampuan menangkal setiap ancaman kedaulatan bangsa di wilayah barat ini," kata Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) KASAD Jenderal TNI George Toisutta di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya ketika memimpin upacara militer serah terima jabatan Panglima Kodam Iskandar Muda dari Mayjen TNI Hambali Hanafiah kepada Mayjen TNI Adi Mulyono di Lapangan Blang Padang.

Selanjutnya, Mayjen TNI Hambali Hanafiah dimutasi menjabat Asisten Operasi Panglima TNI, sedangkan Mayjen TNI Adi Mulyono sebelumnya menjabat Panglima Divisi Infanteri I Komando Strategi Angkatan Darat.

"Jajaran Kodam Iskandar Muda juga harus membangun koordinasi dengan komponen bangsa di Aceh serta membangun rasa saling percaya dengan semua elemen masyarakat," katanya.

Menurut KASAD, tindakan cegah dan deteksi dini sangat diperlukan dalam menghadapi dan mengantisipasi setiap permasalahan yang berkembang di Provinsi Aceh.

"Kewaspadaan serta kepekaan terhadap hal-hal yang merugikan bangsa dan negara dapat ditekan seoptimal mungkin. Itulah sebabnya, kesiapsiagaan tersebut harus dilandasi profesionalitas prajurit," tegasnya.

Ia mengatakan tugas pokok prajurit Kodam Iskandar Muda menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan negara wilayah barat. Tugas tersebut harus dilaksanakan secara profesional dan berlangsung terus menerus.

KASAD menambahkan, prajurit Kodam Iskandar Muda harus mampu melaksanakan fungsi utama sebagai pengaman dan pembina teritorial dengan memperlihatkan sikap maupun tindakan positif serta dicintai dan mencintai rakyat.

"Keberhasilan menjalankan tugas ditentukan sikap prajurit dan kemanunggalannya dengan rakyat di wilayah Aceh," kata jenderal berbintang empat ini.

Kepada para prajurit, kata dia, harus mampu menjaga dan memelihara hubungan serta kerja sama harmonis dengan segenap komponen bangsa di Provinsi Aceh.

"Hubungan ini akan mendukung kesiapsiagaan prajurit TNI AD dalam menjaga kedaulatan bangsa serta memberikan rasa aman bagi rakyat secara profesional," kata Jenderal TNI George Toisutta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar