Selasa, 19 Oktober 2010

Kapal Ikan Vietnam Ditangkap KRI Diponegoro-365

Dua buah Kapal Ikan Asing (KIA) dari Vietnam yaitu BV. 99678 TS dan KG. 15381 berhasil ditangkap oleh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Diponegoro-365 yang sedang melaksanakan tugas Operasi Keamanan Laut Wilayah Barat (Ops Kamlabar) belum lama ini, Kamis (14/10. Ditangkap pada posisi 04 57 500 U – 109 39 400 T disekitar Kepulaun Natuna.   KRI Diponegoro dari jajaran unsur Koarmatim ini sedang bertugas Dibawah Kendali Operasi (BKO) Koarmabar untuk melaksanakan pengamanan di wilayah tersebut.
 

Menurut Komandan KRI Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Achmad Wibisono, kapal ikan dari Vietnam itu telah melakukan pelanggaran hukum laut Indonesia yaitu secara bersama-sama melakukan penangkapan ikan di Zona Ekonomi Exsclusive Indonesia (ZEEI) laut China Selatan, tanpa ijin pemerintah Republik Indonesia (RI), serta tidak mempunyai SIPI. Untuk proses hukum lebih lanjut kapal dan barang bukti lainnya di kawal menuju Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Kepulauan Riau.

Kapal BV merupkan kapal berbendera Vietnam yang dinakhodai oleh Hun dan memiliki berat serta Anak Buah Kapal (ABK) 130 GT dan 22 orang Vietnam. Kapal jenis Kapal Ikan Asing (KIA) ini, memiliki ciri lambung warna biru. Sedangkan kapal KG. 15381 merupakan kapal KIA berlambung warna biru, memilki berat 90 GT dan dinakhodai oleh YUi serta memiliki 5 orang ABK berkebangsaan Vietnam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar