Senin, 04 Oktober 2010

Gelombang Tinggi Kapal Diminta Waspada

Gelombang Tinggi Kapal Diminta Waspada
ANTARA/Fanny Octavianus/rj
 

SURABAYA--MI: Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, mengeluarkan peringatan terhadap kapal yang melintas Laut Jawa, Laut Folres dan Samudra Indonesia Selatan agar waspada terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang.

"Dalam beberapa hari ini kapal-kapal kecil sebaiknya tidak berlayar, sedangkan kapal besar harus waspada melintas di tiga wilayah laut itu," kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Effendi, di Surabaya, MInggu (3/10).

Dari catatan BMKG, di Laut Jawa ketinggian gelombang 1-3,5 meter. Sementara ketinggian gelombang 1,5-4 meter terjadi di Laut Flores dan Samudera Indonesia Selatan Jatim.

Sedangkan untuk kecepatan angin berkisar antara 10-50 km per jam. Yang sulit diprediksi karena angin ini selalu berubah, kadangkala kencang kadangkala kencang.

"Bahkan, tidak menutup kemungkinan terjadi juga angin puting beliung tapi terjadi di lautan, sedangkan di daratan belum terlihat," ujarnya.

Kondisi gelombang tinggi dan angin kencang ini diakibatkan adanya La Nina. Suhu di perairan Indonesia lebih hangat dibandingkan dengan suhu di Pasifik.

Angin pasifik bergerak menuju ke Indonesia sehingga menyebabkan pertumbuhan awan CB dan memicu kecepatan angin. "Yang kita harapkan, kapal-kapal agar waspada, jangan sampai tetap nekad melaut terutama bagi kapal kecil," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar