Kamis, 14 Oktober 2010

14 Atlet Taruna Akademi TNI Ikuti Kejuraan Dunia

JAKARTA (Pos Kota) – Empat belas atlet Taruna Akademi TNI siap membawa nama TNI di kancah Consielle Internasional du Sport Militaire (CISM) 1st World Cadet 2010  atau Kejuaraan Dunia Taruna CISM yang akan diselenggarakan di Ankara, Turki, pada 17 – 24 Oktober 2010. Kontingen TNI tersebut dilepas oleh Kasum TNI Marsdya TNI Edy Harjoko di ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Kamis (14/10).

Kejuaraan Dunia Taruna CISM adalah kejuaraan internasional multi sport yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali dan didedikasikan bagi ajang adu prestasi olahraga Taruna Militer Negara – Negara di dunia dalam kerangka Friendship Through Sport and game For Peace. Kejuaraan tersebut diperuntukkan bagi Taruna Akademi Militer (Land Force Academies), Taruna Akademi Angkatan Laut (Naval Academies), Taruna Akademi Angkatan Udara (air Force Academies) dan Taruna Akademi lainnya yang berusia antara 17 s.d 24 tahun.

Kejuaraan ini juga memiliki dimensi bagi pengembangan pendidikan, wawasan, pengalaman, promosi TNI dan Taruna Akademi TNI serta promosi budaya Indonesia. Kegiatan CISM ini dikombinasikan dengan kegiatan seminar atau workshop serta kegiatan sosial melalui penampilan masing – masing negara.

Keikutsertaan Taruna Akademi TNI merupakan duta bangsa dan duta TNI dalam penguatan kehadiran TNI di forum komunikasi militer internasional, dalam rangka peningkatan citra TNI dan Indonesia. Dengan demikian, para Taruna harus mampu memberikan tampilan yang terbaik serta menunjukkan performa prestasi optimal di ajang kejuaraan dunia yang cukup bergengsi di kalangan militer internasional, demikian dikatakan Kasum TNI dalam sambutan Panglima TNI.

Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Kejuaraan Dunia Taruna CISM ke-1 meliputi Military Pentathlon yaitu lari dengan rintangan (Obstacle run) dan renang dengan rintangan (Obstacle swimming); Shooting : Track and Field (lari 400 m, 800 m, 1500 m dan 5000 m) dan Orienteering (jarak dekat 4-6 km dan jarak jauh 8-10 km).
 
Ke-14 atlet Taruna Akademi TNI tersebut didampingi 2 staf pimpinan yang dipimpin oleh Marsda TNI Sru A. Andreas, Gubernur Akademi Angkatan Udara dan 6 orang pendukung. Kontingen TNI akan diberangkatkan ke Turki, Jumat (15/10) yang akan datang. Hadir dalam upacara pelepasan Kontingen Taruna Akademi TNI adalah para Wakil Kepala Staf Angkatan, Asisten Panglima TNI dan Kabalakpus TNI serta Pengurus KOMI (Komite Olahraga Militer Indonesia).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar