Rabu, 13 Juni 2012

KRI Dewaruci Ikut Opsail Virginia

JAKARTA (Suara Karya): KRI Dewaruci, kapal latih Kadet TNI Angkatan Laut (AL) ikut menyemarakan Operation Sail (Opsail) Virginia 2012 di Amerika Serikat, 8 - 11 Juni 2012. Misi kapal peninggalan sejarah ini mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat.


"Kehadiran kapal buatan Jerman tahun 1952, ini untuk mengikuti peringatan 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversarry of the War)," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal), Laksma TNI Untung Soeropati dalam siaran persnya yang diterima Suara Karya di Jakarta, Minggu (10/6).

KRI Dewaruci tiba di Dermaga Town Point Park, Downtown Norfolk, disambut Atase Laut (Atal) Indonesia untuk AS, Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi, perwakilan US Navy dan Panitia Opsail Virginia 2012. Dalam iring - iringan Tall Ships Parade of Sail di Dermaga Town Point Park, Downtown Norfolk, para kadet memainkan Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna.

Selain itu, sebagian kadet dan awak kapal KRI Dewaruci mengenakan pakaian adat sebagai simbol kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. "Para kadet Akademi Angkatan Laut tingkat II yang tergabung dalam Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2012 juga memamerkan keberanian dan kelincahannya menaiki ketiga tiang yang menjulang tinggi dengan parade rool," ujar Kadispenal.

Rencananya, usai mengikuti Opsail Virginia 2012, KRI Dewaruci akan bertolak menuju Baltimore, Boston dan meninggalkan Amerika Serikat pada Juli menuju Kanada. Tiap kehadirannya di gelanggan internasional, KRI Dewaruci dan awak serta kadet TNI-AL selalu mampu menghadirkan nuansa dan roh Indonesia kepada masyarakat yang datang. Mereka jatuh cinta pada KRI Dewaruci dan keramahan tulus para pelaut TNI-AL yang ada di dalam lambungnya.

"Sasarannya adalah masyarakat setempat dan fans KRI Dewaruci di 21 negara pada empat benua yang disinggahi," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar.

Suara Karya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar