Rabu, 13 Juni 2012

AS Siap Tempatkan Empat Kapal Perang di Singapura


INIlAH.COM, Singapura - Angkatan Laut Amerika Serikat untuk pertama kali akan mengerahkan kapal perang litoral (Litoral Combat Ship, LCS) pada kuartal kedua tahun depan.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen menyatakan pada prinsipnya Singapura menyetujui permintaan AS yang ingin menempatkan empat LCS. Ng bertatap muka dengan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta. Ng mengemukakan hal tersebut kepada wartawan Xinhua di Singapura pekan lalu.

Empat kapal akan ditempatkan di negara kota tersebut secara bergiliran. Kementerian Pertahanan Singapura mengatakan, empat kapal tersebut berlabuh di beberapa titik tertentu. Angkatan Laut kedua negara masih masih mendalami detail dan aturan penempatannya.

LCS adalah kapal yang relatif kecil ukurannya untuk menunjang operasi di zona litoral yang tidak cocok menggunakan kapal besar. LCS memiliki dek yang berguna sebagai landasan pacu pesawat tempur dan hangar untuk perbaikan pesawat. LCS diharapkan menjadi sebuah jaringan kapal tempur, gesit dan bergerak selayaknya siluman. Setiap LCS memiliki awak inti sebanyak 40 orang, tetapi bisa juga menampung 75 awak.

Kementerian Pertahanan Singapura mengatakan LCS "tidak akan berbasis di Singapura" Singapura tidak akan menjadi pelabuhan tuan rumah. Para anggota awak akan hidup di dek LCS di seluruh pelabuhan penyebaran mereka di Singapura.

Penyebaran LCS ini sejalan dengan Nota Kesepahaman Singapura–AS pada 1990 serta Persetujuan Kerangka Kerja Strategis tahun 2005 yang menggaris bawahi “kehadiran militer AS di Asia Pasifik akan bermanfaat bagi perdamaian dan stabilitas kawasan ini,” ujar Kementerian Pertahanan Singapura..

Leon Panetta berada di Singapura untuk menghadiri KTT Keamanan Asia ke -11, yang dikenal juga sebagai Dialog Shangri-la. Selanjutnya, Panetta akan melanjutkan tur Asia di Vietnam dan India.Tentu keberadaan kapal-kapal perang AS di kawasan Asia-Pasifik akan diwaspadai oleh China. AS sudah menyatakan akan menempatkan 60 persen armada kapalnya di Asia-Pasifik, karena kawasan ini diklaim memerlukan kehadirannya.

inilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar