Jumat, 07 Januari 2011

Pentagon pangkas anggaran US$80 miliar

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Robert Gates, mengatakan ingin melakukan pemotongan anggaran militer sampai sekitar 80 miliar dollar untuk lima tahun ke depan.

Dia mengatakan hal itu diperlukan untuk mengendalikan defisit anggaran negara yang semakin membesar.
Sebagai bagian dari rencana itu, personil militer akan dikurangi 47.000, terdiri dari 15.000 sampai 20.000 dari marinir yang saat ini berkekuatan 200.000 dan sisanya dari angkatan lain.

Dia menyatakan rencana ini ketika Kongres yang baru mengambil alih jabatan ditengah kekhawatiran mengenai defisit.

'Budaya boros'

Gates mengatakan dia berencana membatalkan pembelian ampibi Expeditionary Fighting Vehicles (EFVs) dari perusahaan General Dynamics Corp.

Kendaraan-kendaraan ini, yang sudah lama diincar oleh Gates untuk dibatalkan dalam upaya memangkas anggaran, sangat mudah untuk manuver baik di darat maupun di air dan bisa mengangkut 17 anggota pasukan bersenjata lengkap untuk mendarat dari jarak sekitar 30 kilometer di tepi pantai.

Gates sudah lama skeptis apakah kendaraan-kendaraan militer yang besar seperti tank dan EFVs masih akan tetap menjadi istrumen militer yang penting sementara perang modern sudah berubah.

Dia sebelumnya mengatakan bahwa pihak musuh mengembangkan senjata-senjata canggih yang mampu menyerang kapal yang akan merapat ke pantai.

Langkah-langkah pemotongan lainnya yang diumumkan oleh Gates antara lain rencana mengurangi jumlah pesanan pesawat tempur F-35 selama tiga hingga lima tahun mendatang.

Gates mengatakan dia ingin mengakhiri sikap Pentagon pasca serangan 11 September yang menggunakan anggaran "seakan-akan uang itu tiada batasnya dan tidak mempertimbangkan sumber pendanaan".
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar