Selasa, 26 Oktober 2010

2 Kapal Asing Diterjang Tsunami di Mentawai

Yogyakarta - Selain menewaskan 2 warga Mentawai, Sumatera Barat, tsunami kecil pada Senin malam kemarin juga menerjang 2 kapal berbendera asing. Dua kapal tersebut bernama Freedom dan Midas.

"Barusan saya juga menerima SMS dari Gubernur katanya ada 2 kapal berbendera asing bernama Freedom dan Midas," kata Menko Kesra Agung Laksono di Gedung Agung, Yogyakarta, Selasa (26/10/2010).

Agung mengatakan, 2 kapal asing itu membawa turis peselancar. Kapal Midas kini hancur terbakar. Sedangkan Freedom mengalami rusak berat.

"Tapi seluruh penumpang selamat," ujarnya.

Menurut Agung, masih ada 135 warga lagi yang dinyatakan hilang. Ada 645 KK yang sudah diungsikan.

"Ini laporan dari gubernur, saya terima pada pukul 13.52 WIB. Saya bicara dengan beliau tapi agak terputus-putus," jelasnya.

Agung juga mengimbau warga agar berhati-hati karena cuaca sangat ekstrim. Gelombang di Mentawai masih tinggi akibat tsunami yang menerjang 7 desa dan 4 kecamatan tersebut. 4 Kecamatan tersebut yakni Sikakap, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan.

"Kita terkendala sulitnya komunikasi karena ombak ganas," ungkapnya.

Namun Pemda setempat sudah berusaha menanggulangi bencana dengan menyediakan tempat-tempat pengungsian. "Di sini sedang mempersiapkan untuk mengirim bantuan obat, pakaian, selimut, makanan, dan tim kesehatan untuk pengungsi," cetusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar