Senin, 24 Oktober 2011

Prioritas US Navy adalah Kawasan Asia Pasifik


Angkatan Laut Amerika Serikat akan menempatkan prioritas utama pada penggelaran kapal-kapal di kawasan Asia-Pasifik, walaupun menghadapi pemotongan anggaran yang mungkin bisa membatasi misi global lainnya,kata US Naval Chief.

Dengan meningkatnya pengaruh China yang sedang meningkatkan kekuatan militernya, deputi Presiden Obama dan komandan militer semakin menggambarkan bahwa Asia merupakan kunci untuk keamanan nasional Amerika.


"Asia akan menjadi prioritas dan kami akan menyesuaikan operasi kami," kata Laksamana Jonathan Greenert, dalam sebuah teleconference.

Angkatan Laut sekarang terus mempertahankan sebuah kapal induk baik Kitty Hawk atau George Washington di Pasifik.

Para pejabat AS berjanji untuk memperluas kehadiran AL Amerika di Asia Tenggara, dan berulang kali menegaskan perlunya untuk menegakkan "kebebasan navigasi" di Laut Cina Selatan, meskipun terdapat klaim teritorial China di daerah tersebut.


Bee 47

2 komentar:

  1. Barang kali klu blh dikatakan bhw peran yg dimainkan adl apa yg disebut dg "soft power". Namun kedepan alagkah baiknya jika peran tsb di "shadowing"/dikawal dg puan "smart power", yaitu kolaborasi antar puan soft power & hard power.

    BalasHapus

Anda dapat menggunakan acount FB anda untuk posting komentar